Tuesday, May 21, 2024
HomeBusinessKelebihan dan kekurangan dalam hal bisnis Angkringan

Kelebihan dan kekurangan dalam hal bisnis Angkringan

Kelebihan dan kekurangan dalam hal bisnis Angkringan

Kelebihan dan kekurangan dalam hal bisnis Angkringan
Kelebihan dan kekurangan dalam hal bisnis Angkringan

Bisnis angkringan atau warung angkringan kini semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah-daerah perkotaan. Berbeda dengan restoran atau kafe yang memiliki konsep dan interior yang lebih modern, angkringan menawarkan pengalaman kuliner yang sederhana dan bersahaja.Serba Viral.

Namun, seperti halnya bisnis lainnya, angkringan memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuka bisnis angkringan:

Kelebihan Bisnis Angkringan:

  1. Modal yang relatif kecil

Salah satu keuntungan dari membuka bisnis angkringan adalah modal yang dibutuhkan relatif kecil dibandingkan dengan bisnis kuliner lainnya. Anda dapat memulainya dengan modal sekitar beberapa juta rupiah saja, tergantung dari ukuran dan peralatan yang dibutuhkan.

  1. Banyak pilihan menu

Angkringan menawarkan berbagai macam menu, mulai dari makanan berat hingga camilan ringan. Hal ini memberikan peluang bagi pemilik bisnis untuk memilih menu yang disukai oleh konsumen dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

  1. Konsep yang unik

Angkringan memiliki konsep yang unik, di mana para pelanggan dapat menikmati hidangan sambil duduk di bangku yang sederhana. Konsep ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin mencari pengalaman kuliner yang berbeda.

  1. Potensi pasar yang besar

Bisnis angkringan memiliki potensi pasar yang besar, terutama di daerah-daerah perkotaan yang padat penduduknya. Selain itu, angkringan juga bisa dijadikan tempat kumpul atau nongkrong bagi anak muda, sehingga membuka peluang untuk memperluas pasar.

Kekurangan Bisnis Angkringan:

  1. Persaingan yang ketat

Bisnis angkringan sudah banyak dijalankan oleh banyak orang, sehingga persaingan di dalamnya cukup ketat. Untuk memenangkan persaingan, Anda perlu menciptakan keunikan dan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing.

  1. Tingkat persediaan bahan yang tidak stabil

Beberapa menu pada angkringan menggunakan bahan-bahan yang mudah busuk dan tidak stabil persediaannya, seperti sayur-sayuran atau buah-buahan. Hal ini menjadi tantangan bagi pemilik bisnis untuk mengelola persediaan bahan makanan dengan baik agar tidak mengalami kerugian.

  1. Tempat yang terbatas

Angkringan biasanya memiliki tempat yang terbatas dan tidak nyaman untuk duduk terlalu lama. Hal ini bisa menjadi kendala bagi konsumen yang ingin menikmati makanan dalam waktu yang lebih lama.

  1. Pengaruh cuaca

Bisnis angkringan sangat tergantung pada kondisi cuaca. Jika cuaca sedang buruk, seperti hujan atau angin kencang, maka bisnis angkringan dapat terganggu dan mempengaruhi pendapatan.

Baca juga : Peluang membuka usaha dan bisnis

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Berita Viral

Recent Comments