Tuesday, May 21, 2024
HomeOlahragaAturan apa saja yang berada dalam Olahraga Bola Takraw

Aturan apa saja yang berada dalam Olahraga Bola Takraw

Aturan apa saja yang berada dalam Olahraga Bola Takraw

Aturan apa saja yang berada dalam Olahraga Bola Takraw
Aturan apa saja yang berada dalam Olahraga Bola Takraw

Olahraga bola takraw merupakan olahraga yang cukup populer di Indonesia dan Asia Tenggara. Olahraga ini dimainkan dengan menggunakan bola yang terbuat dari anyaman buluh dan pemain hanya diperbolehkan menggunakan kaki, kepala, dan dada untuk memainkan bola tersebut. Agar dapat memainkan bola takraw dengan baik, ada beberapa aturan yang perlu diketahui dan dipahami.

Berikut ini adalah aturan yang berada dalam olahraga bola takraw.

  1. Jumlah pemain Dalam satu tim bola takraw terdiri dari 3 orang pemain. Dalam pertandingan, setiap tim saling bertanding untuk memasukkan bola ke daerah lawan. Setiap tim harus mempertahankan bola agar tidak jatuh ke dalam daerahnya sendiri.
  2. Cara memainkan bola Bola takraw harus dipukul dengan kaki, kepala, atau dada. Tidak diperbolehkan untuk menyentuh bola dengan tangan atau lengan. Selain itu, bola takraw tidak boleh disentuh oleh dua pemain yang berbeda secara bersamaan. Jika itu terjadi, maka tim lawan akan mendapatkan satu poin.
  3. Skor Poin dalam olahraga bola takraw diberikan jika bola jatuh ke dalam daerah lawan atau jika lawan melakukan kesalahan dalam memainkan bola. Poin diberikan jika tim berhasil memasukkan bola ke dalam jaring yang ada di daerah lawan. Setiap set dimainkan hingga 21 poin. Tim yang berhasil mendapatkan 2 set terlebih dahulu akan dinyatakan sebagai pemenang.
  4. Servis Servis dalam bola takraw harus dilakukan dari area servis yang terletak di belakang garis tengah lapangan. Servis harus dilakukan dengan mengirim bola ke daerah lawan. Servis yang salah akan dikenakan sanksi dan akan memberikan satu poin kepada tim lawan.
  5. Durasi waktu Waktu yang digunakan untuk pertandingan bola takraw adalah 2 set dengan durasi waktu 15 menit setiap set-nya. Apabila terjadi adu skor, maka waktu akan diperpanjang.
  6. Penggantian pemain Setiap tim diperbolehkan melakukan penggantian pemain dengan catatan tidak melanggar aturan permainan. Penggantian pemain hanya diperbolehkan dilakukan saat servis dilakukan atau setelah poin diperoleh.
  7. Pelanggaran Pemain yang melanggar aturan permainan akan dikenakan sanksi berupa poin untuk tim lawan. Jika pemain melakukan pelanggaran secara berulang-ulang, maka akan dikeluarkan dari lapangan dan tidak diperbolehkan untuk kembali memainkan pertandingan tersebut.

Baca juga : Peluang membuka usaha dan bisnis

Kesimpulan

Itulah beberapa aturan yang berada dalam olahraga bola takraw. Dalam memainkan olahraga ini, diperlukan kerjasama yang baik antara pemain dalam satu tim. Hal ini dikarenakan permainan bola takraw membutuhkan keterampilan teknis yang baik serta strategi yang tepat dalam mengatur bola agar bisa dimasukkan ke dalam daerah lawan. Dengan memahami aturan-aturan tersebut, diharapkan para pemain bola takraw dapat memainkan olahraga.Serba Viral .

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Berita Viral

Recent Comments